Friday, February 22, 2013

Peluang Usaha Budidaya Burung Parkit

Peluang Usaha Budidaya Burung Parkit belum banyak digeluti orang. Ini salah satu jenis burung cantik dengan bulu warna-warni, oleh sebab itu burung parkit selalu laku di dikalangan penghobi burung, sehingga menjadi suatu Peluang Usaha mempunyai prospek baik.

Tidak terlalu sulit budidaya burung parkit karena burung ini produktif menghasilkan anakan, walau demikian tentu memerlukan keuletan dan kesabaran. dilansir peluangusaha215.blogspot.com.

Budidaya Burung Parkit

Budidaya Burung Parkit Sediakan :


1. Kandang
Tempat untuk indukan sediakan kandang seperti balok ukuran 2 x 1 x 1,5 m untuk 15 pasang burung parkit. Bahan  dari kawat agar kuat, karena paruh burung parkit sangat tajam. Pasang kain disekitar kandang agar kondisi dalam kandang lebih hangat dan tutup semua kandang dengan kain jika malam hari.

Siapkan tempat anak parkit, tujuannya jika sudah umur 30 hari di dalam “rumah pribadi” indukan, anak parkit telah siap dipindah ke dalam kandang anakan. Ini bertujuan agar bisa berlatih terbang dan makan sehingga siap dijual. Bentuk kandang hampir sama seperti kandang indukan, atau dibuat lebih kecil.

2. Rumah pribadi
Umumnya terbuat dari kayu randu berbentuk kotak yang sering disebut “glodok”, mudah dijumpai di pasar burung atau dibuat sendiri untuk setiap pasangan parkit.

Tips Memilihara Burung Parkit :


* Usahakan memilih induk berbeda warna. Jantan atau Betina dapat dibedakan setelah usia 4 bulan. Jantan mempunyai ciri warna biru di bagian atas lubang hidung. Sedangkan betina, warna bagian atas lubang hidung putih kotor, krem atau coklat.

* Pilih yang kelihatan sudah cocok dengan pasangannya karena akan lebih mudah untuk ditangkar

* Sesuaikan besar kandang dengan jumlah pasangan agar tidak terlalu padat, ini menjaga hal yang kurang baik bagi kesehatan burung.

* Pindahkan anak parkit setelah umur 30 hari ke kandang anakan, dan setelah umur 40-45 hari anak parkit sudah siap untuk dijual atau dimasukkan ke kandang baru

* Jaga ketersedian pakan dan minum dalam kondisi bersih

* Buang makanan yang mulai busuk karena kelebihan pakan, terutama sayuran tauge, jagung dll.

* Makanan utama burung parkit yaitu otek, ini mudah didapat pada kios penjual makanan burung.

Modal awal Peluang Usaha Ternak Burung ini sekitar Rp 1.300.000 untuk 15 pasang parkit berikut pembuatan kandang. Sedangkan pengeluaran setiap bulan Rp 230.000, dengan harga burung parkit sekitar Rp 65.000/pasang dan harga pakan  Rp. 8.000 s/d Rp. 10.000 per Kg.

Cukup menguntungkan bukan mengingat usaha ternak parkit ini sangat mudah. Bayangkan jika mempunyai 15 pasang burung parkit, jika 1 kandang bertelur 6 dan minimal menetas 3 maka sudah menghasilkan 45 anak parkit.

Peluang Usaha Ternak Burung Parkit ini bisa dilakukan dengan modal awal seadanya, lalu dikembangkan menjadi besar. Caranya anak burung parkit yang dihasilkan selama beberapa bulan dipakai untuk penangkaran dulu tidak langsung dijual. Dengan demikian semakin lama budidaya usaha burung parkit semakin besar. Selamat mencoba. Bagaimana menghasilkan budidaya burung parkit berkualitas baik?

No comments:

Post a Comment