Monday, June 3, 2013

Cara Memelihara atau Merawat Burung Pleci Kacamata

Cara memeliha atau merawat burung pleci kacamata tidak sulit. Kunci perawatan terletak pada pakan dan perlakuan sehari-hari serta kebersihan kandang.

Pakan Burung Pleci


Makanan kesukaan pisang kepok, pepaya, apel, pir, tomat, dan buah lainnya.

Pakan untuk setiap hari cukup diberi pisang kepok, karena pisang kepok tidak gampang busuk dibanding buah lain. Satu pisang kepok biasanya habis setealh 2 hari.  Karena burung ini mungil, makanannya juga mungil. Apalagi kalau disediakan juga voer dalam kandangnya. tambah siip

Untuk minum usahakan ganti setiap hari dan beri tempat minum agak besar karena burung ini paling suka mandi dicepuk minum. Jadi pasti banyak air minum terbuang untuk mandi.

Burung Pleci ini paling suka juga sama buah pepaya. Tapi untuk pakan harian pisang kepok aja, karena lebih praktis dan kotoran pleci hobiis tidak bau, tapi menggumpal, jadi mudah dibersihkan. Kalau pakan pepaya kotorannya encer berantakan.

Supaya sehat seminggu sekali beri buah lain bisa pepaya, apel, pir.

Perlakuan Harian Burung Pleci


Setiap pagi pleci mandikan dengan semprot sprayer halus sekedar basah tidak sampai kuyup, karena pleci akan mandi sendiri di cepuk minum. Jadi ingat berikan cepuk minum agak besar supaya dia bisa berendam, kalau cepuk ukuran kecil seringkali dia terjepit nggak bisa keluar dan mati.

Periksa makanan, ganti minumnya. Sekali-sekali beri pakan kroto sedikit saja atau ulat kandang juga boleh sedikit saja. Karena di alam liar burung ini juga suka serangga kecil.

Kandang Burung Pleci


Setelah diangin-angin pleci jemur sampai jam 10 atau11 siang (tergantung cuaca). Usahakan tidak melihat pleci lain, kalau memang terpaksa tempat terbatas, jemur dengan jarak berjauhan semaksimal mungkin. Pasti rame saut-sahutan. Kalau terlalu dekat jemurnya teriaknya tidak ngotot.

Selesai jemur diangin di tempat teduh dulu terus krodong masuk ke rumah atau tempat teduh. Kalau banyak burung gacor di rumah pasti semua bakal ditiru. Kalau gak ada burung lain ya setel saja suara masteran burung. Dijamin sebentar saja di tiru suara master.

Sore jam 3 keluarkan burung semprot halus. Anginkan lalu jemur lagi sampai jam 4-5 sore.
Selesai jemur anginkan sebentar tambah air minum trus krodong lagi.

Kalau burung pleci kacamata menurut poskicau.com  dipelihara dengan tujuan untuk dinikmati suara,  setelah mandi jemur dan masukan dalam rumah tidak perlu dikerodong. Malam biasanya suka mandi lagi dicepuk minum, setelah itu pleci suka ngoceh lagi semaunya
Merawat Burung Pleci.

No comments:

Post a Comment