Thursday, May 2, 2013

Cara Pemberian Pakan Ikan Bandeng Agar tumbuh Optimal

Pemberian Pakan Ikan Bandeng. Sesuai sifat bandeng termasuk hewan herbivora, maka ikan ini suka memakan tumbuh-tumbuhan yang ada di kolam. Tumbuhan yang disukai bandeng adalah lumut, ganggang dan klekap.

Menggulang kembali sebaiknya telah dilakukan persiapan lahan untuk kolam pembesaran karena akan sangat membantu ketersediaan pakan.

Untuk mempercepat pertumbuhan, perlu pakan buatan pabrik, dengan standar nutrisi agar tumbuh optimal dengan kadar protein .minimal 25 - 28 %.

Sebagai hewan herbivora, unsur tumbuhan dalam pakan memang sangat penting,. Oleh karena itu, sebaiknya bahan baku unsur protein harus didominasi dari sumber tumbuhan atau nabati dari tepung kedelai atau bungkil kacang tanah. Sebagai acuan pemberian pakan adalah : Jumlah pakan 5 - 7% dari berat badan. Waktu pemberian 3 - 5 kali sehari.

Penambahan NASA pada pakan buatan merupakan pilihan tepat untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan tubuh bandeng. NASA mengandung mineral-mineral penting, protein, lemak dan vitamin akan menambah kandungan nutrisi pakan. Dosis pencampuran NASA dengan pakan buatan adalah 2 - 5 cc/kg pakan dengan cara :
1. Timbang pakan sesuai dengan kebutuhan bandeng.
2. Basahi pakan dengan sedikit air agar pencampuran dengan NASA dapat merata.
3. Campurkan NASA sesuai jumlah pakan yang diberikan dengan dosis 2 - 5 cc/kg pakan.
4. Pakan siap untuk diberikan.

Pemberian pakan dengan menyebarkan secara merata pada seluruh areal kolam, agar seluruh bandeng dapat pakan. Diharapkan dengan pemberian pakan yang baik, ikan bandeng dapat tumbuh optimal untuk menunjang usaha budidaya bandenghttp://teknis-budidaya.blogspot.com/2007/10/budidaya-bandeng.html


Pakan Ikan Bandeng

No comments:

Post a Comment