Sunday, May 26, 2013

Persiapan Mengolah Lahan Usaha Budidaya Bunga Melati

Persiapan Mengolah lahan dalam rangka usaha budidaya bunga melati mesti dilakukan setelah pembibitan stek atau sebelum  penanaman bibit melati dimulai

Pembukaan Lahan Bunga Melati


1. Bersihkan lokasi kebun melati dari rumput liar atau gulma, pohon dan pohon yang tidak berguna disingkirkan dari lokasi.
2. Olah tanah dengan cara di cangkul atau dibajak sedalam 30-40 cm hingga gembur, kemudian biarkan kering angin selama 15 hari
3. Membuat bedengan selebar 100-120 cm, tinggi 30-40 cm dengan jarak antara bedeng 40–60 cm dan panjang disesuaikan dengan kondisi lahan.

Pengapuran pada Bunga Melati


Tanah yang pH-nya masam dapat diperbaiki melalui pengapuran, misalnya dengan kapur kalsit (CaCO3) dolomit {CaMg (CO3)2}, kapur bakar (Quick lime, CaO)/kapur hidrat (Slakked lime,{Ca(OH)2}. Fungsi/kegunaan pengapuran tanah masam adalah untuk menaikan pH tanah, serta untuk menambah unsur-unsur Ca dan Mg.

Pemupukan Lahan


Tebarkan pupuk kandang di atas permukaan tanah, kemudian campurkan secara merata dengan lapisan tanah atas. Pupuk kandang dimasukkan pada tiap lubang tanam sebanyak 1-3 kg. Dosis pupuk kandang berkisar antara 10-30 ton/hektar. Lubang tanam dibuat ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak antar lubang 100-150 cm. Penyiapan lahan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau 1-2 bulan sebelum musim hujan.

Itulah langkah-langkah persiapan lahan budidaya bunga melati yang mesti dilakukukan sebelum memulai penanaman hasil bibit stek.
Mengolah Lahan Bunga Melati

No comments:

Post a Comment